Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA "CHANNEL BERITA6" Inspirasi Rakyat Membangun -Setiap wartawan Channel Berita6 di lengkapi dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan nama nya tercantum dalam BOX redaksi,Kami menerima Pengaduan dan Informasi yang dari Anda hubungi nomor 081219115689 Terima kasih- marquee width="500">

Iklan

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) HJ. Sri Rahayu Agustina SH, Mengadakan Acara "Dewan Menyapa Warga) Yang Berbasis Budaya

Friday, December 5, 2025 | December 05, 2025 WIB | 0 Views Last Updated 2025-12-06T10:57:38Z


Metrochannel.my.id Karawang – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Hj Sri Rahayu Agustina,SH menggelar kegiatan layanan publik terpadu yang dibalut nuansa budaya untuk menyapa warga di Karang Anom, Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Sabtu 06 Desember 2025.

Kegiatan yang diadakan di  Lapang Jalan 

‎Jalan Masutakarya RT07 RW 012 Karang Anom, menghadirkan berbagai fasilitas penting mulai dari pelayanan administrasi kependudukan (layanan KTP, KIA, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian) cek kesehatan gratis, tebus sayur murah, bazar UMKM hingga perpanjangan SIM serta layanan pelayanan pajak kendaraan bermotor (Samsat).

‎Mulai pukul 08.00 WIB dengan senam bersama emak-emak milenial di lingkungan setempat, dilanjutkan pelayanan yang diiringi hiburan musik. 

‎Lokasi halaman itu menjadi lautan manusia, dipadati masyarakat yang hendak melengkapi administrasi kependudukan, cek kesehatan, layanan SIM dan lainnya.

‎Apresiasi itu pun disampaikan Kepala Kelurahan Karawang Kulon, N Fitria Yuniawati,Am.Keb. Menurutnya, pelayanan administrasi kependudukan menjadi dominasi masyarakat. 

‎"Pelayanan terpadu seperti ini sangat bagus. Membantu masyarakat jemput bola. Bisa lebih dekat mengurusnya," kata Lurah Karawang Kulon.

‎ 

‎Dewan Jabar, Sri Rahayu menjelaskan,  program dewan menyapa agar kita lebih dekat lagi dengan masyarakat. Selain pelayanan administrasi, acara juga dihiasi dengan pertunjukan budaya lokal seperti pencak silat, kesenian Karawang dan hiburan Calung.

‎Menurut Sri Rahayu, penggabungan budaya dalam layanan publik bertujuan agar warga merasa lebih nyaman dan dekat dengan lembaga pemerintahan, sekaligus melestarikan warisan budaya daerah.

‎ 

‎"Kita ingin layanan publik tidak hanya sekadar prosedur, tapi juga penuh dengan kehangatan dan identitas budaya kita. Dengan begini, warga tidak hanya mendapatkan kemudahan, tapi juga merasakan kebanggaan akan warisan Jawa Barat," ungkapnya.

‎ 

‎Selama acara, ratusan warga memanfaatkan pelayanan yang disediakan. Banyak yang menyampaikan apresiasi karena tidak perlu bolak-balik ke berbagai kantor untuk menyelesaikan urusan administrasi, kesehatan, dan kendaraan.

‎Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Karawang, Elfan Yanuar, mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi DPRD Provinsi Jabar dengan pemerintah daerah dalam upaya mendekatkan layanan kepada masyarakat.

‎"Kegiatan layanan adminduk di acara Dewan Menyapa Warga ini sangat bermanfaat agar warga lebih mudah mengakses layanan administrasi kependudukan tanpa harus jauh-jauh ke kantor Disdukcapil," ujarnya.

‎Kata dia, layanan adminduk kini juga tersedia di berbagai titik agar lebih terjangkau. 

‎"Pelayanan dilakukan di kantor kecamatan, Mall Pelayanan Publik di Techno Mart, serta MPP Cikampek," terangnya.

‎Ia pun berharap kegiatan seperti ini dapat lebih sering dilakukan. "Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan semakin rutin dilaksanakan," pungkasnya. 

‎Data pelayanan :

‎1. Perpanjangan STNK : 13 org

‎2. Kesehatan : 250 org

‎3. Administrasi Kependudukan :

‎   - KK : 109 org

‎   - KTP : 200 Org

‎   - KIA. : 75 org

‎   - Akta Kelahiran : 10 org

‎   - Akta Kematian : 15 org

‎4. Perpanjang SIM : 60 org

‎(Leni. Tj)

×
Berita Terbaru Update